Senin, 13 Januari 2014

Gigi yang Lebih Putih Tidak Selamanya Meningkatkan Penampilan

07.29 Posted by Muhammad Hamzah No comments
Tadi sore saya berbincang-bincang dengan seorang teman tentang kesehatan gigi. Banyak sekali hal yang kami bicarakan. Sebut saja namanya Wake Up :-D, ia kuliah di Pendidikan Dokter FK Unsyiah.
Dalam pembicaraan tersebut ia sempat mengungkapkan keinginannya untuk melakukan bleaching dengan dokter gigi agar giginya terlihat lebih putih. Saya langsung kaget, padahal menurut saya tidak ada masalah warna dengan giginya karena terlihat normal dan tidak ada noda-noda tertentu yang mengganggu penampilannya.

Gigi yang putih bersih memang dambaan setiap orang, karena beranggapan bahwa gigi yang putih dapat meningkatkan penampilan. Akan tetapi, anda harus tahu. Warna gigi setiap orang berbeda dan memang sudah ada ketentuannya dari Yang Mahakuasa. Warna gigi sangat berhubungan dengan warna kulit dan rambut. Tidak semua orang cocok dengan warna gigi yang terlalu putih, bahkan bisa jadi ia lebih cocok dengan warna gigi yang agak lebih gelap.

Hasil penelitian menyebutkan, Semakin putih kulit seseorang, maka semakin putih pula giginya. Ini benar apabila dianalisis. ketika seseorang tersenyum, kulitnya hitam dan giginya sangat putih, maka akan terlihat kurang estetis karena warna giginya sangat mencolok. Terkadang ada yang beranggapan bahwa semakin hitam kulit seseorang maka giginya akan semakin putih. Padahal asumsi ini salah, karena ia hanya dimanipulasi dengan hitamnya kulit orang tersebut sehingga giginya terlihat lebih putih. Padahal apabila dibandingkan dengan orang yang kulitnya putih, maka gigi orang yang kulitnya lebih putih akan lebih putih pula. :-)

ilustrasi
Penelitian di Yunani juga menyebutkan bahwa tingkat kecerahan kulit juga berhubungan dengan warna rambut. semakin gelap kulit, maka semakin gelap pula rambut seseorang. hal ini juga akan berhubungan dengan warna gigi yang cocok dengan orang tersebut.

Jadi, menurut saya kita tidak bisa beranggapan bahwa gigi yang terlalu putih cemerlang akan meningkatkan ke-PD-an kita karena bisa saja penampilan kita sangat tidak nyaman dipandang orang lain akibat gigi kita yang terlalu putih.
Biarlah gigi kita apa adanya, yang penting jaga kebersihannya jangan biarkan ia rusak dan mengganggu aktivitas anda.
Perawatan bleaching (memutihkan gigi) hanya dilakukan apabila gigi kita mengalami perubahan warna akibat beberapa faktor yang pernah saya bagi dipostingan sebelumnya.
Konsultasikan dengan dokter gigi apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan.
Semoga bermanfaat...
Salam!

(Muhammad Hamzah)

0 komentar:

Posting Komentar