Sabtu, 04 Oktober 2014

World No Tobacco Campaign Action 2014

04.25 Posted by Muhammad Hamzah No comments
Inilah aksi kami dalam mengkampanyekan anti rokok pada World No Tobacco Day (Hari Tanpa Tembakau Sedunia), 31 Mei 2014. Aksi ini dilakukan oleh Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI), Aliansi Pemuda Aceh Anti Rokok (APAAR) tergabung dari CTCS Aceh, IPM Aceh, PII Aceh, Aneuk Atjeh Anti Rokok (A3R), BEM FKG Unsyiah, BEM FK Unsyiah, BEM FKM Unmuha, BEM FK Unaya, Rumah Zakat, Senat Akbid Muhammadiyah, BEM FE Unmuha, BEM PSIK USK, BEM Poltekkes, BEM FKM YHB, Stikes U’Budiyah, ISMKMI Aceh, IMM Banda Aceh, BEM FKM USM, BEM FKM Unaya, Osis se-Banda Aceh dan Aceh Besar, dan lain-lain.

Aksi ini kami lakukan sebagai sikap penolakan terhadap rokok. Angka perokok di Indonesia khususnya Provinsi Aceh cukup tinggi dengan mayoritas pelakunya generasi muda. Angka tersebut berada di atas rata-rata nasional yang hanya 34,7 persen. Rata-rata mereka menghisap 10 hingga 30 batang rokok per hari.
Padahal rata-rata perokok sudah paham akan dampak negatif dari merokok. Aksi ini juga kami gelar untuk mengingatkan akan dampak negatif tersebut serta meminta pemerintah untuk sigap menangani rokok.

Pada aksi tersebut turut hadir Sekretaris Jenderal PSMKGI, Muhammad Fuadi (mahasiswa Kedokteran Gigi UGM) turut serta Ambasador for No Tobacco PSMKGI, Risa Rahma Putri (mahasiswi FKG Unsyiah). Aksi ini diawali dengan longmarch sepanjang jalan dari Kantor DPRA menuju Simpang Lima Banda Aceh, selain itu juga dilakukan orasi penolakan terhadap rokok, aksi tatrikal pembakaran rokok, dan "aksi rampok rokok", yaitu dengan meminta rokok dari masyarakat pengguna jalan dan ditukar dengan permen serta stiker.

Semoga aksi ini dapat bermanfaat. Jagalah diri dan keluarga dengan tidak merokok...

Foto bareng sebelum aksi

Peserta aksi termasuk siswa SMP yang berpartisipasi

Longmarch

Aksi rampok rokok

Di sela-sela aksi rampok rokok


Foto bareng usai aksi

0 komentar:

Poskan Komentar